Pecinta Alam ?

Pecinta alam, rangkaian kata yang menimbulkan pertanyaan bagi setiap orang. Pengertian orang saat mendengar pecinta alam mungkin beragam dan berbagai opini tentang pengertian pecinta alam sendiri berbeda bagi setiap orang. Dilihat dari segi bahasa, kata cinta dapat diartikan sebagai suka, kagum, atau sayang. Maksud dari pecinta ialah sang pelaku, atau lebih tepatnya orang yang menyukai, mengagumi, atau menyayangi. Dan alam dapat diartikan lingkungan sekitar yang tada atau tumbuh secara alami, atau bukan buatan. Dapat disimpulkan pecinta alam berarti adalah seseorang yang memiliki kesukaan terhadap alam (hanya menurut saya sih, hehe ..). Pandangan setiap orang tentunya berbeda-beda, berbeda pandangan maka beda pula pengertian yang ditangkap tentang pecinta alam. Namun secara umum jika mengulas tentang kegiatan yang dilakukan oleh para pecinta alam, maka bisa dikategorikan beberapa jenis pecinta alam. Pertama adalah para pecinta alam yang hanya menyalurkan kegemaran mereka dengan alam. Tipe pertama ini biasanya memiliki hasrat untuk menaklukan tantangan dari alam. Mungkin tujuan utamanya ialah hanya bersenang-senang saja, mungkin. Misal mendaki gunung, kemah, menjelajah alam, dan masih banyak lainnya. Yang kedua ialah mereka yang fokus untuk menjaga maupun menyelamatkan alam. Seperti kegiatan reboisasi, penanaman tumbuhan, penangkaran hewan, dan lainnya. Yang ketiga adalah gabungan dari klasifikasi pertama dan kedua. Yaitu mereka yang menyalurkan hobinya sekaligus menjaga dan melakukan penyelamatan terhadap alam. Mungkin jarang ditemui ya. Itulah ketiga klasifikasi kegiatan para pecinta alam. Pecinta alam dapat diartikan juga sebaga individu yang mencintai alam, berarti baik benda mati maupun hidup yang ada di bumi ini. Misal udara, air, tanah sebagai benda mati yang juga merupakan bagian alam dan tentunya menjadi bagian kelangsungan hidup kita. Juga flora dan fauna dapat dikatakan bagian dari alam ini. Keberadaannya pun tidak dapat dipisahkan, karena saling membutuhkan dan menimbulkan hubungan. Memang dari pengertian diatas masih kurang untuk menjelaskan pengertian dari Pecinta Alam. Ada mereka yang hanya sekedar menyalurkan kegemarannya terhadap alam, ada yang memang bertujuan untuk menjaga kelestarian alam. Namun secara umum sudah didapatkan definisi dari Pecinta Alam itu sendiri.
Apa Itu Pecinta Alam ?
Apa Itu Pecinta Alam ?

Pecinta alam, rangkaian kata yang menimbulkan pertanyaan bagi setiap orang. Pengertian orang saat mendengar pecinta alam mungkin beragam dan berbagai opini tentang pengertian pecinta alam sendiri berbeda bagi setiap orang.


Dilihat dari segi bahasa, kata cinta dapat diartikan sebagai suka, kagum, atau sayang. Maksud dari pecinta ialah sang pelaku, atau lebih tepatnya orang yang menyukai, mengagumi, atau menyayangi. Dan alam dapat diartikan lingkungan sekitar yang tada atau tumbuh secara alami, atau bukan buatan. Dapat disimpulkan pecinta alam berarti adalah seseorang yang memiliki kesukaan terhadap alam (hanya menurut saya sih, hehe ..). Pandangan setiap orang tentunya berbeda-beda, berbeda pandangan maka beda pula pengertian yang ditangkap tentang pecinta alam. Namun secara umum jika mengulas tentang kegiatan yang dilakukan oleh para pecinta alam, maka bisa dikategorikan beberapa jenis pecinta alam.

Pertama adalah para pecinta alam yang hanya menyalurkan kegemaran mereka dengan alam. Tipe pertama ini biasanya memiliki hasrat untuk menaklukan tantangan dari alam. Mungkin tujuan utamanya ialah hanya bersenang-senang saja, mungkin. Misal mendaki gunung, kemah, menjelajah alam, dan masih banyak lainnya.

Yang kedua ialah mereka yang fokus untuk menjaga maupun menyelamatkan alam. Seperti kegiatan reboisasi, penanaman tumbuhan, penangkaran hewan, dan lainnya.

Yang ketiga adalah gabungan dari klasifikasi pertama dan kedua. Yaitu mereka yang menyalurkan hobinya sekaligus menjaga dan melakukan penyelamatan terhadap alam. Mungkin jarang ditemui ya.

Itulah ketiga klasifikasi kegiatan para pecinta alam. Pecinta alam dapat diartikan juga sebaga individu yang mencintai alam, berarti baik benda mati maupun hidup yang ada di bumi ini. Misal udara, air, tanah sebagai benda mati yang juga merupakan bagian alam dan tentunya menjadi bagian kelangsungan hidup kita. Juga flora dan fauna dapat dikatakan bagian dari alam ini. Keberadaannya pun tidak dapat dipisahkan, karena saling membutuhkan dan menimbulkan hubungan.

Memang dari pengertian diatas masih kurang untuk menjelaskan pengertian dari Pecinta Alam. Ada mereka yang hanya sekedar menyalurkan kegemarannya terhadap alam, ada yang memang bertujuan untuk menjaga kelestarian alam. Namun secara umum sudah didapatkan definisi dari Pecinta Alam itu sendiri.
Random :))

1 comment

  1. Wah kalau saya sih termasuk golongan yang gabungan, sering ikut kegiatan bersih-bersih pantai atau sungai. Abis dibersihin bikin seger mata soalnya
© Newbie Master. All rights reserved.