Suka Duka Menjadi Operator Warnet

Suka Duka Menjadi Operator Warnet
Suka Duka Menjadi Operator Warnet
Operator warnet, pengalaman pekerjaan yang pernah saya jalani. Pekerjaan yang saya jalani ini tentunya mengalamu sika dan duka, dan berbagai macam sisi baik atau buruk. Rasanya kurang sebagai mantan penghuni warnet jika saya tidak membagikan pengalaman saya sebagai operator warnet. Berikut sedikit suka duka saya menjadi penjawa warung internet.
Langsung aja ya ini pengalaman menyenangkan saya saat menjadi operator warnet. Pertama, bisa berinternetan ria, ya walaupun saya seharian internet tentunya gratis dong, bahkan dibayar.

Kedua, bisa mengetahui lebih tentang komputer. Atau lebih tepatnya belajar komputer. Paling tidak sebagai operator warnet pasti pernah mengalami permasalahan dengan komputer yang ada, baik permasalahan internal atau softwarenya, baik permasalahan eksternal atau hardwarenya. Juga kita lebih sering mengoperasikan komputer, sehingga tentunya ada ilmu yang dapat didapat tentang komputer.

Ketiga, menambah jaringan (bukan jaringan internet ya yang saya maksud disini, hehe). Jaringan yang saya maksud tentunya teman dan para pelanggan yang biasa mangkir di warnet dengan kebutuhannya sendiri-sendiri. Sebagai penjaga warnet tentu harus menjaga sikap kita agar dapat membuat dan menjaga pelanggan untuk nyaman berada di warnet. Apalagi saat ada pelanggan cewek, jaringan kita pasti tidak hanya terbatas pada lingkup sekolah atau tempat tinggal saja.

Keempat, ceperan. Ceperan sebagai operator warnet menurut saya tidak sedikit juga, ya minimal bisa dapat sebungkus rokok sehari. Dari mulai mengetik, download, edit ini, edit itu, ditambah kumpulan tugas digital dari anak-anak sekolah. Pengalaman saya jadi operator warnet alhamdulillah ada aja duit rokok tiap hari. Mungkit empat itu ya yang enaknya paling berasa waktu jadi operator warnet

Setelah membahas hal-hal menyenangkan dari menjadi operator warnet, sekarang saya bahas nih ngga enaknya jadi operator warnet, atau mungkin tuntutan ya. Pertama, harus sabar. Dengan pekerjaan utama melayani pelanggan tentunya sabar menjadi nomor satu hal yang harus dimiliki oleh operator warnet. Setiap pelanggan tentu memiliki sifat berbeda-beda, mulai dari yang bawel, sok tau, atau yang banyak protes. 

Kedua, bad mood. Kadang rasa bad mood datang tanpa ada angin atau hujan. Mungkin sudah bosan saja ya menjalani rutinitas yang setiap harinya sama. Dinikmati saja ya, namanya juga pekerjaan.

Ketiga, ngantuk. Pasti ada saat kita telat tidur atau kurang tidur karena tiba-tiba ada shift dadakan untuk jaga warnet, atau untuk kepentingan lainnya. Bukan hal yang mudah untuk melawan perih mata saat terasa kantuk.
Mungkin cukup beberapa hal diatas untuk menggambarkan suka dan duka menjadi operator warnet. Mungkin masih banyak lagi pengalaman yang didapat. Semoga tulisan saya kali ini bisa membuat anda sekalian mengerti mudah susahnya menjadi operator warnet. Banyak capeknya deh pokoknya.

Satu lagi, nih quote yang menurut saya cocok buat para operator warnet, "Jika Anda Ingin Mempermudah Rejeki, Maka Jangan Mempersulit Orang Lain Mencari Anda".

Sekian dari ane tentang Suka Duka Menjadi Operator Warnet, terima kasih sudah membaca.