4 Tips Kreatif Serta Tantangan Dalam Membuat Desain Poster

Sudahkah kamu tahu kapan dan dimana poster pertama dibuat? Poster pertama ada di pertengahan abad ke-19 di Prancis. Sampai saat ini macam-macam desain poster telah berkembang pesat dan digunakan di berbagai negara. Inovasi dan tren saat ini sangat mempengaruhi bagaimana desain poster yang ada. Berawal dari gagasan untuk mempromosikan sesuatu, banyak tantangan yang mempengaruhi perkembangan desain. Jadi pada dasarnya membuat desain poster adalah bagaimana cara kita dapat menyampaikan pesan dalam bentuk gambar yang dapat mempengaruhi orang lain.

Oleh karena itu baik dalam membuat desain poster untuk kebutuhan komersial, pekerjaan, atau pribadi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Berikut 4 Tips Kreatif Dan Tantangan Dalam Membuat Desain Poster

1. Fokus Pada IdeUtama

Perhatikan apa yang menjadi tujuanmu dalam membuat desain poster, kecuali hanya sekedar membuat untuk kesenangan saja! Ini akan membuat kamu tetap fokus pada ide anda dan akan sesuai apa yang diharapkan. Oleh karena itu sebelum memulai membuat suatu desain, cobalah membayangkan konsep yang akan dibawakan. Dengan memikirkan sebuah konsep, akan mempermudah dalam mengembangkan gagasan utama dengan baik. Namun jangan terlalu membatasi ide-ide yang didapat, biarkan imajinasimu mengalir, dan jadilah poster yang sempurna.

2. Pikirkan apakah desain yang anda buat akan berdampak?

Cara terbaik untuk mengetahui masukan pada sebuah desain poster bisa dimulai dengan beberapa pertanyaan seperti - "Apa tujuan saya mendesain poster ini?", "Apakah saya sudah menyeampaikan ide saya secara jelas?", "Apakah poster saya akan disukai oleh orang-orang?", "Apakah pesan dalam poster dapat diterima oleh orang-orang?" - Beberapa pertanyaan itu akan membantu mengembangkan ide sederhana menjadi ide yang menarik.

3. Perhatikan penempatan dalam menyampaikan pesan

Orang-orang akan melihat sesuai apa yang mereka butuhkan. Oleh karena itu hanya menyajikan judul yang menarik saja belum tentu cukup, isi dari poster harus disusun sedemikian rupa sehingga setiap bagian yang ada dapat saling mendukung gagasan utama yang ingin disampaikan. Teks yang ada juga harus diperhatikan penempatannya agar mudah dimengerti oleh pembaca.

4. Perhatikan space kosong

Hindari terlalu banyak elemen gambar pada poster yang tumpang tindih. Biarkan elemen yang ada memiliki nilai dan tujuannya sendri. Bukan berarti menghentikan proses kreatifitas dalam pembuatan, dan harus saklek sesuai yang dituliskan. Kamu bebas untuk mencoba dan melihat desain mana yang dapat dinikmati tanpa menghilangkan karakter desainmu. Mungkin beberapa desain dengan banyak elemen yang menjadi referensi terlihat sempurna, namun kembali lagi ke masing-masing untuk menilai.

Terakhir, cobalah membuat desain postermu lebih menarik dengan memberikan poin penting yang ada. Ini akan membuat desain lebih kreatif tentunya dengan informasi yang bermanfaat, dan dikemas dalam bentuk gambar yang menarik.

referensi: www.designhill.com

Random :))

Post a Comment

© Newbie Master. All rights reserved.