Asiknya Mengajar di Asistensi Mengajar UM!

Asistensi mengajar di satuan pendidikan merupakan salah satu program MBKM yang ada di Universitas Negeri Malang, dalam rangka menyiapkan kemampuan mahasiswa dengan melaksanakan beberapa kegiatan yang salah satunya yaitu kegiatan akademik atau yang bisa disebut kajian dan praktik lapangan (KPL). Asistensi mengajar tidak hanya berfokus pada mengembangkan dan menempa ilmu yang telah dipelajari selama menjalani perkuliahan, selain kegiatan akademik juga terdapat kegiatan non-akademik, dan kegiatan yang berkaitan dengan administrasi sekolah.

Program ini dilakukan mahasiswa secara kolaboratif di bawah bimbingan guru dan dosen pembimbing di satuan pendidikan formal. Aktivitas asistensi mengajar di satuan pendidikan ini dilaksanakan selama 1 semester (setara 20 SKS) dengan waktu pelaksanaan 20 minggu. Untuk pilihan penempatan sekolahnya sendiri sudah ditentukan oleh pihak LP3 UM, sehingga mahasiswa cukup melakukan pendaftaran di portal PPL UM dan MBKM UM.

Di Universitas Negeri Malang biasanya pendaftaran asistensi mengajar ini sendiri dibuka setiap semesternya. Di semester ini program asistensi mengajar awalnya hanya dibuka untuk beberapa fakultas saja, namun akhirnya dilakukan perpanjangan pendaftran untuk semua fakultas. Dari jurusan saya sendiri, jurusan fisika hanya 2 orang yang mengikuti program ini, mungkin karena perubahan ketentuan yang mendadak juga ya haha. Tapi untuk penempatannya di satu sekolah tidak hanya terbatas di satu prodi saja, ada juga dari prodi lain yang terdiri dari 3-5 orang setiap prodinya.

Untuk penempatan sekolah kami di amanahi untuk melakukan asistensi mengajar di SMA Laboratorium UM, yang kebetulan merupakan salah satu sekolah laboratorium yang berada dalam naungan Universitas Negeri Malang. Selain diuntungkan karena masih berada dalam satu lingkup, penempatan kami di SMA Laboratorium UM ini juga tidak menyulitkan kami karena lokasi sekolah yang masih berada di area Kota Malang.

Kegiatan yang kami laksanakan di SMA Laboratorium UM meliputi kegiatan akademik diantaranya menyusun perangkat pembelajaran dan melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas, kegiatan non akademik diantaranya melakukan piket perpustakaan, piket uks dan melakukan morning motivation, kegiatan administrasi diantaranya penyelenggaraan piket dan tata tertib, kegiatan publikasi diantaranya pembuatan essai pengalaman mengikuti asistensi mengajar.

Kegiatan Asistensi Mengajar dilaksanakan di SMA Laboratorium UM pada tanggal 7 Maret - 24 Juni 2022. Kegiatan ini dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Kegiatan asistensi mengajar bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang pendidikan untuk turut serta membelajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi pendamping guru di sekolah serta mendukung pemerataan kualitas pendidikan serta relevansi pendidikan dasar dalam menunjang perkembangan IPTEK.  

Hal-hal positif yang diterima selama kegiatan asistensi mengajar adalah cara memanajemen diri, manajemen waktu, hubungan sosial, kepribadian, serta cara pandang terhadap suatu masalah dan penyelesaiannya. Dengan adanya kegiatan asistensi mengajar, mahasiswa merasakan secara langsung lingkup kerjanya sehingga dapat menjadi pengalaman lapangan yang dapat dijadikan pelajaran saat terjun pasca kuliah nanti.

Selain itu, program MBKM juga membuka jalur bagi mahasiswa untuk menjalin relasi dengan guru dan siswa di SMA Laboratorium UM sehingga kedepannya dapat terus berkomunikasi baik dalam dunia kerja maupun diluar dunia kerja sehingga dapat menyambung tali silaturahmi. Masih jauh dari kata sempurna, semoga hasil yang didapat dari pelaksanaan program ini dapat memberikan manfaat baik untuk mahasiswa asistensi, pihak sekolah, maupun pihak universitas.

*mf seadanya dlu, dikejar deadline laporan, nnti kl sempet dilengkapin 😭😭🙏🏻

Random :))

Post a Comment

© Newbie Master. All rights reserved.